Qaradhawi: Salafi dan Sufi Sepakat Kecam Revolusi Arab

Ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional, Syaikh Yusuf al-Qaradawi menegaskan bahwa apa yang sedang dilakukan oleh para pemuda Arab saat ini, sedikitpun bukat fitnah. Sebab Islam memerintahkan untuk melenyapkan “ketidakadilan yang dilakukan oleh para penguasa dalam gambarannya yang terburuk.”
Qaradhawi dalam sebuah seminar yang diselenggarakan oleh Persatuan Ulama Muslim Internasional di Doha, tentang “Hubungan Penguasa dan Rakyat” mengatakan bahwa “Salafi fanatik” dan Sufi sepakat kecam revolusi Arab, serta menilainya sebagai perbuatan bodoh dan sampah. Mereka menyampaikan kecamannya itu melalui apa yang disebutnya dengan “budaya beracun yang menghubungkan fitnah dengan pemberontakan terhadap para penguasa”.
Ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional ini meminta agar berusaha membangun negara sipil dengan referensi Islam. Dikatakan bahwa ideologi negara teokrasi bukan dari Islam.
Ia mengatakan bahwa ketidakadilan dan pelanggaran atas hak-hak rakyat, keduanya membolehkan bagi rakyat untuk memberontak pada para penguasanya. Ia menambahkan bahwa di dalam Islam mewujudkan kebebasan itu didahulukan atas penerapan syariah. (moheet.com, 4/3/2011).